Minggu, 27 Februari 2011

Manusia dan Tanggung Jawab

Kita tentunya sering mendengar tentang istilah TANGGUNG JAWAB !!! Sebuah istilah yang sangat sering sekali diucapkan seseorang, bahkan sering sekali istilah tanggung jawab dijadikan topik permasalahan yang utama. Sebenarnya apa itu Tanggung Jawab, menurut saya Tanggung Jawab adalah sesuatu yang harus kita lakukan/balasan agar kita menerima sesuatu hak ataupun setelah menerima hak itu. Dengan kata lain Tanggung jawab itu adalah kewajiban setelah/sebelum menerima hak-nya. Bahkan dalam bahasa inggris dinamakan responsibility yang berasal dari kata response yang memiliki arti jawaban atau tanggapan atau reaksi.

Tanggung jawab itu mutlak di haruskan oleh seorang manusia dalam kehidupannya, baik dalam dirinya sendiri, keluarga, dan lingkungan-nya. Bahkan semua agama menuntut manusia bertanggung jawab atas perbuatanyaa di muka bumi ini dihadapan Tuhannya kelak. Namun mengapa sering sekali manusia meremehkan tanggung jawabnya dalam segala hal???

Ini semua karena sifat manusia sendiri yang sering lalai dalam melaksanakan Tanggung jawabnya, bahkan sering terbuai dengan keinginannnya semata. Namun Tuhan telah memberikan kita akal dan hati nurani yang dapat membedakan yang benar atau salah, baik atau buruk. Tentunya sebagai seorang makhluk yang paling sempurna (manusia) yang baik kita dituntut untuk dapat memenuhi Tanggung jawab masing-masing dalam segala hal.

Karena jika seorang manusia sudah mengenal dan dapat melaksanakan tanggung jawab maka ia akan dapat memberikan keseimbangan kepada hidupnya kelak. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar