Minggu, 27 Februari 2011

Ilmu Sosisal Dasar Berhubungan dengan Kemajuan Teknologi

Tangapan saya sebagai masyarakat sosial dengan kemajuan teknologi informasi di masa sekarang ini baik dilihat dari berbagai sisi ekonomi, psikologi dan geografi.

Dari sisi ekonomi
Menurut saya dengan adanya kemajuan teknologi informasi sekarang ini, berdampak langsung pada kemajuan Ekonomi bagi negara maupun bagi masyarakat indonesia itu sendiri. Teknologi informasi yang semakin kompleks tentu saja membuat perusahaan-perusahaan di Indonesia membutuhkan lebih banyak sumber daya manusia yang berkualitas untuk dapat mengimbangi kinerja dari sistem informasi itu sendiri. Tentu saja hal ini dapat memunculkan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat indonesia yang memiliki kemampuan untuk bekerja dengan sistem informasi tersebut. Hal ini dapat mengurangi pengangguran di indonesia, dan tentu saja meningkatkan kesejahteraan khususnya perekonomian masyarakat indonesia. Perusahaan yang dapat memaksimalkan kemajuan teknologi informasi ini tentu saja akan menambah pendapatan baik untuk perusahaan itu sendiri, karyawan yang direkrut, dan tentu saja meningkatkan perekonomian negara Indonesia.

Dari sisi psikologi
Dilihat dari sisi psikologi, Kemajuan teknologi informasi sekarang ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari sisi positifnya, masyarakan Indonesia yang memiliki kemampuan dalam bidang IPTEK tentu saja akan menyambut baik kemajuan Teknologi Informasi ini, mereka dapat dengan mudah mendapatkan keuntungan berupa materi dengan kemampuan yang mereka punya, tetapi di lain pihak banyak pula masyarakat indonesia yang buta akan IPTEK dan itu diperparah dengan sifat masyarakat indonesia yang konsumtif dan cenderung tidak mau berkembang. Apabila mereka tidak mengerti akan IPTEK dan tidak dapat bersaing, maka itu akan berdampak pada psikologi masyarakat indonesia itu sendiri. Mereka tidak ada keinginan untuk belajar dan berkembang, sehingga kecil kemungkinan bagi masyarakat indonesia untuk belajar menjadi yang lebih baik lagi.

Dari segi Geografi
Dilihat dari segi geografi, kemajuan teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan letak geografis negara indonesia, seperti pemantauan wilayah teritorial negara indonesia, pemantau gempa di berbagai provinsi, dan juga untuk memantau aktivitas gunung merapi yang ada di indonesia.

Sumber : http://indra-swandana.blogspot.com/2010/10/ilmu-sosial-dasar.html

0 komentar:

Posting Komentar